Teks tanggapan adalah teks yang berisi respon terhadap sebuah masalah atau karya.
Pada pembelajaran bahasa Indonesia yang menggunakan kurikulum merdeka, Teks Tanggapan diperkenalkan di kelas 7. Adapun jenis teks tanggapan yang diperkenalkan adalah teks tanggapan terhadap isi buku.
Pada umumnya struktur teks tanggapan dimulai dengan resume tentang masalah atau hal yang akan ditanggapi (resume), dilanjutkan dengan tanggapan kelebihan dan kekurangan dari masalah yang dibahas (kritik dan pujian) dan diakhiri dengan simpulan mengenai lebih banyak kekurangan ataukah lebih banyak kelebihan (simpulan).
Untuk struktur Teks Tanggapan Isi Buku ada dua bentuk struktur yang dapat dirumuskan, di antaranya:
1. Teks Tanggapan Isi Buku Fiksi
a. Identitas Buku
Judul
Nama penulis:
Penerbit:
Tahun Terbit:
Editor:
Tebal buku:
b. Sinopsis
c. Kekurangan dan Kelebihan
d. Simpulan
Contoh:
Teks Tanggapan Isi Buku Fiksi
a. Identitas Buku
Judul : Toto Chan, Gadis Cilik di Jendela
Nama penulis: Tetsuko Kuroyanagi
Alih Bahasa: Widya Kirana
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2010
Tebal buku: 271 halaman
b. Sinopsis
Ibu Guru menganggap Totto-chan nakal, padahal gadis cilik itu hanya
punya rasa ingin tahu yang besar. Itulah sebabnya ia gemar berdiri di depan
jendela selama pelajaran berlangsung. Karena para guru sudah tak tahan lagi,
akhirnya Totto-chan dikeluarkan dari sekolah.
Mama pun mendaftarkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Totto-chan girang
sekali, di sekolah itu para murid belajar di gerbong kereta yang dijadikan
kelas. la bisa belajar sambil menikmati pemandangan di luar gerbong dan
membayangkan sedang melakukan perjalanan. Mengasyikkan sekali, kan?
Di Tomoe Gakuen, para murid juga boleh mengubah urutan pelajaran sesuai
keinginan mereka. Ada yang memulai hari dengan belajar fisika, ada yang
mendahulukan menggambar, ada yang ingin belajar bahasa dulu, pokoknya sesuka
mereka. Karena sekolah itu begitu unik, Totto-chan pun merasa kerasan.
Walaupun belum menyadarinya, Totto-chan tidak hanya belajar fisika,
berhitung, musik, bahasa, dan lain-lain di sana. la juga mendapatkan banyak
pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain,
serta kebebasan menjadi diri sendiri.
c. Kekurangan dan Kelebihan
Novel Toto chan Gadis Cilik di jendela ini sangat menarik untuk dibaca. Isinya bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang anak kecil dengan segala tingkahnya yang menggemaskan. Novel ini mengajarkan kita tentang cara menghormati dan menghargai perbedaan serta cara menjadi diri sendiri.
Sistem pendidikan yang unik dalam novel ini dapat memberikan inspirasi bagi para guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Novel ini juga menceritakan betapa beruntungnya Toto-chan memiliki ibu seperti ibunya. Ibu Toto-chan tidak mengatakan bahwa Toto-chan dikeluarkan dari sekolah. Namun dia memilih untuk berkata, "Bagaimana kalau kita pindah ke sekolah yang baru?" Dia memilih menggunakan kata-kata itu supaya anaknya tidak merasa tertekan karena baru seminggu sekolah sudah dikeluarkan.
meski demikian bagi pembaca yang tidak terbiasa dengan tata cara penyebutan nama dalam bahasa Jepang mungkin akan sedikit kesulitan.
d. Simpulan
Secara umum Novel Toto Chan Gadis Cilik di Jendela merupakan novel yang menarik untuk dibaca. Melalui novel ini pembaca akan diajak mengenang masa kecil sekaligus belajar banyak hal tentang menjadi ibu, menjadi guru dan menjadi kepala sekolah.
2. Teks Tanggapan Isi Buku Non-Fiksi
a. Identitas Buku
Judul :
Nama penulis:
Penerbit:
Tahun Terbit:
Editor:
Tebal buku:
Jumlah Bab
b. Ringkasan
c. Kekurangan dan Kelebihan
d. Simpulan
Contoh:
a. Identitas Buku
Judul: Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi)
Nama penulis: Tim Edukatif (Wahono, M.Pd., Drs. Makhrufi, M.Pd., Sawali, M.Pd.)
Penerbit: Erlangga
Tahun Terbit: 2013
Editor: Muhammad Baihaqi, S.S.
Tebal buku: 283 halaman
Jumlah Bab : 8 Bab
b. Ringkasan
Buku ini berisi materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII, mulai dari Teks Deskripsi sampai Teks Fabel. Buku ini dilengkapi dengan teori tentang struktur dan kaidah kebahasaan setiap teks yang harus dipelajari oleh kelas 7. Selain itu isi buku juga memuat latihan soal dan uji kompetensi untuk setiap bab dan juga untuk akhir semester.
c. Kekurangan dan Kelebihan
Buku ini sangat bermanfaat bagi guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas 7. Tampilan buku ini cukup menarik dan bahasanya mudah untuk dipahami baik oleh guru maupun oleh siswa. Teks-teks yang ditampilkan sesuai dengan kebutuhan siswa.
d. Simpulan
Buku Marbi merupakan buku paket yang cocok digunakan untuk siswa dan juga guru bahasa Indonesia di kelas 7.